Myob Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat
ini yang pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa, perdagangan
dan bentuk perusahaan-perusahaan lainnya.
Ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan software ini dalam
perusahaan, antara lain :
- Mempunyai tampilan yang user friendly, karena
transaksinya bersifat sederhana dan berupa gambar-gambar sehingga untuk
pemula pun akan sangat mudah untuk memahaminya.
- Mempunyai kemampuan export data ke program excel,
sehingga laporan nya bisa juga di cetak di program excel.
- Dapat diterapkan untuk 105 jenis perusahaan yang disediakan.
- Mempunyai laporan keuangan yang sangat banyak
termasuk setting pajak serta menampilkan analisa dalam bentuk grafik.
Penjelasan dari gambar diatas sebagai
berikut :
- Open berfungsi untuk
membuka file yang sudah dibuat sebelumnya.
- Create digunakan untuk
merancang file yang baru.
- Explore digunakan untuk
membuat file dengan menggunakan contoh perusahaan yang disediakan oleh
program.
- What’s New untuk melihat
atau mencari informasi yang baru seputar program Myob
- Exit berguna untuk keluar
dari Program Myob.
MEMULAI MYOB ACCOUNTING
A. Mempersiapkan
Perusahaan
Persiapkan perusahaan baru anda dan
hati-hatilah tentangbulan yang anda pilih, sesuaikan dengan bulan awal
dimulainya MYOB ini, Catatan: Setelah konversi bulan terkonfirmasi hal itu
tidak dapat diubah.
Sebuah file perusahaan adalah di mana semua informasi yang bisnis anda disimpan, termasuk kontak anda, rekening, dan transaksi (penjualan dan pembelian, dll). Dukungan catatan ini akan membantu anda bekerja secara sistematis melalui proses pengaturan file perusahaan.
Sebuah file perusahaan adalah di mana semua informasi yang bisnis anda disimpan, termasuk kontak anda, rekening, dan transaksi (penjualan dan pembelian, dll). Dukungan catatan ini akan membantu anda bekerja secara sistematis melalui proses pengaturan file perusahaan.
I. Informasi
apa yang saya butuhkan?
Ketika sedang mempersiapkan dapat menghambat
waktu dan upaya yang diperlukan untuk mempersiapkan file perusahaan. Daftar di
bawah akan membantu Anda untuk mengumpulkan beberapa informasi yang anda perlu
tahu sebelum anda mulai.
1. My.MYOB
rincian login anda (untuk menyimpan, mengakses dan berbagi file perusahaan
online). Ini hanya berlaku jika anda memiliki langganan dukungan AccountRight
aktif.
2. Tahun
keuangan anda saat ini. Ini adalah tahun keuangan yang anda ingin memulai
pencatatan transaksi dalam file perusahaan anda. Perhatikan bahwa satu tahun
keuangan diwakili oleh tahun kalender di mana tahun anggaran berakhir.
Misalnya, jika tahun keuangan Anda berakhir pada bulan Juni 2015, tahun
keuangan Anda adalah 2015.
3. Bulan
terakhir tahun keuangan Anda. Ini adalah bulan di mana tahun anggaran berakhir.
Untuk kebanyakan bisnis bulan lalu adalah bulan Juni.
4. Bulan
konversi anda. Ini adalah bulan paling awal yang anda ingin merekam transaksi.
Sebagai contoh, jika anda ingin memasukkan transaksi tertanggal 1 September
atau kemudian, bulan konversi anda adalah September. Anda tidak dapat
memasukkan transaksi tanggal sebelum bulan konversi.
5. Daftar
akun yang ingin anda mulai. Akun yang digunakan untuk mengalokasikan transaksi anda.
Ketika anda membuat file perusahaan, anda perlu memilih daftar default account.
Anda bisa:
· Mulailah
dengan daftar rekening yang disediakan oleh MYOB. Anda dapat memilih daftar
rekening yang telah ditetapkan cocok untuk bisnis anda.
· Mengimpor
daftar akun. Anda dapat mengimpor daftar akun dari file perusahaan lain atau
dari satu yang telah disediakan oleh akuntan atau MYOB Konsultan Bersertifikat.
· membangun
daftar Anda sendiri. Anda bisa mulai dengan daftar rekening yang memiliki
rekening minimum yang diperlukan oleh perangkat lunak dan kemudian menambahkan
untuk itu. Perhatikan bahwa Anda dapat mengubah daftar account Anda setelah
membuat file perusahaan Anda.
6.
Adalah
juga ide yang baik untuk malakukan berikut:
· Sebuah
Neraca atau laporan Neraca Saldo per tanggal konversi. Laporan-laporan ini akan
memberikan anda dengan grafik rekening anda dan buku saldo pembukaan rekening anda.
· Pelanggan
dan Pemasok 'detail dan term trading, serta rincian karyawan anda' dan saldo
gaji masing-masing (untuk produk dengan Payroll).
· Faktur
yang luar biasa dan pembelian tanggal sebelum tanggal konversi.
· Cek
Akun anda menyesuaikan dengan tanggal konversi. Melakukan hal ini akan
memberikan anda dengan saldo buku kas anda yang digunakan untuk cek saldo
pembukaan rekening anda. Ini juga akan memberi anda daftar deposito yang tidak
tersajikan dan penarikan yang juga perlu dimasukkan.
I.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1. Ketika anda membuat file perusahaan baru, perangkat lunak
langkah anda melalui proses menggunakan “New Company File Assistant”. Ini
menyediakan cara mudah memasukkan informasi dasar yang dibutuhkan untuk file
perusahaan baru. Ada 2 cara untuk memulai “New Company File Assistant” :
· Dari dalam file perusahaan yang ada
(bahkan contoh file perusahaan), pergi ke menu File dan pilih New.
· Ketika Anda pertama kali membuka
perangkat lunak dan jendela Welcome muncul, klik “Create a company file”.
2. Langkah berikutnya adalah isi data perusahaan, termasuk nama Perusahaan,
alamat, No. Telepon, Fax dam Email, lalu klik Next.
3. Langkah berikutnya adalah setting periode Akuntansi.
Untuk setting diatas,
anda harus pastikan settingan tahun benar yaitu 2015 dan settingan bulan juga
harus tepat yaitu di akhiri bulan desember pada Last month of
financial (bulan akhir periode akuntansi) serta bulan Januari pada Conversion
Month(bulan awal periode akuntansi). Karena kalau anda melakukan kesalahan,
makapada waktu menjurnal nantinya akan berpengaruh. Kemudian klik Next.
2. Maka akan tampil informasi yag telah di set tadi. Pada tahap ini cukup klik Next saja.
3.
Pada langkah ini anda diperlihatkan 3
pilihan untuk memilih Perkiraan.
Pilihan pertama = bila menggunakan perkiraan dari program Myob
Pilihan kedua = bila ingin mengimpor perkiraan dari perusahan lain / file lain
Pilihan ketiga = bila ingin membuat sendiri perkiraan tersebut.
Pilihan pertama = bila menggunakan perkiraan dari program Myob
Pilihan kedua = bila ingin mengimpor perkiraan dari perusahan lain / file lain
Pilihan ketiga = bila ingin membuat sendiri perkiraan tersebut.
Anda boleh memilih apa saja, karena nantinya akan anda set juga
perkiraannya, standarnya pilih saja No. 1 lalu klik Next.
4. Kemudian silahkan jenis Perusahaan anda, dan type bisnis dari perusahaan
tersebut. Ini pun boleh anda abaikan, lalu klik aja Next.
5. Pada langkah ini tentukan tempat penyimpanan file anda.
Setelah itu, silahkan klik Next.
maka tampil proses dari settingan awal file anda.
6. Kemudian pada pilihan terakhir , pilih Command Center.
7. Setelah anda klik Command Center maka akan muncul tampilan awal file anda
seperti gambar dibawah ini :
Demikian
settingan awal dalam membuat file data Myob.
Tags
Tutorial